Pangandaran Disuntik Anggaran Perbaikan Fasilitas

Pintu Masuk Objek Wisata Pantai Pangandaran

Bandung –  Objek wisata Pangandaran, Kabupaten Ciamis akan mendapat anggaran untuk perbaikan sarana dan prasarana senilai Rp11 miliar. “Objek wisata Pangandaran butuh ‘greget’ lebih untuk mengembalikan tingkat kunjungan wisatawan yang sempat terpukul akibat tsunami,”kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Barat (Jabar), Ir Herdiwan di Bandung, Selasa, 27 Januari 2009.

Ia menyebutkan, objek wisata Pangandaran merupakan salah satu objek wisata pantai andalan bersama Pelabuhan Ratu di Kabupaten Sukabumi.

Namun, kata Herdiwan, sarana dan prasarana di Pangandaran membutuhkan polesan dan perbaikan sarana dan prasarananya di samping membenahi pedagang kaki lima, toilet, akses jalan serta beberapa fasilitas dan sarana umum lainnya.

Rencana bantuan perbaikan sarana dan prasarana di objek wisata itu sudah dirancang sejak lama dengan target untuk meningkatkan daya tarik dan minat kunjungan wisatawan.

“Kami akan mengenjot tingkat kunjungan wisatawan secara kualitas. Mereka datang, menginap dan belanja di objyek wisata itu. Itu yang terpenting,” katanya. Namun semua itu bisa terealisasi jika sarana dan prasarana penunjangnya lengkap.

Sementara itu, total anggaran sektor pariwisata di Jawa Barat meningkat signifikan menjadi Rp80 miliar dari anggaran tahun lalu hanya sebesar Rp30 miliar.

“Ada kenaikan signifikan, salah satunya diprioritaskan untuk program perbaikan sarana wisata dan juga promosi wisata,” katanya.

Selain anggaran untuk Pangandaran, Disbudpar Jabar juga menganggarkan pembangunan sarana dan prasarana kegiatan budaya dan gedung-gedung kesenian. “Anggaran perbaikan sarana lainnya dianggarkan senilai Rp12 miliar untuk mendukung program pengembangan seni budaya,” katanya.

Lebih lanjut Herdiwan menyebutkan Disbudpar Jabar fokus untuk meningkatkan layanan di objek-objek wisata yang tersebar di seluruh provinsi. Beberapa kawasan wisata Jabar antara lain Bogor, Bandung, Ciamis, Sukabumi dan Cirebon. “Kota Bandung saat ini menjadi destinasi kunjungan wisatatawan untuk melanjutkan kunjungan ke objek wisata lainnya di kota Bandung termasuk wisatawan mancanegara,” katanya.

Ia berharap ke depan maskapai penerbangan membuka penerbangan langsung dari luar negeri khususnya dari Singapura ke Bandung.  “Saat ini baru ada jalur Bandung – Kualalumpur dan sebaliknya,” katanya.

Sumber : Antaranews

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: