Tour Packages

Berikut beberapa alternatif objek wisata di sekitar Pangandaran yang bisa menjadi pilihan liburan anda dan keluarga:

1. Objek Wisata Batu Hiu

Objek Wisata Batu Hiu

Pantai Batu Hiu ini terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi. Pantai ini dinamakan Batu Hiu karena ada batu yang terlihat di laut ini dan menyerupai sirip ikan hiu. Untuk menikmati indahnya pantai, kita bisa naik ke atas bukit kecil di pantai ini. Dari atas bukit itulah kita bisa melihat batu yang menyerupai sirip ikan hiu, merasakan sejuknya angin laut dan juga menikmati indahnya Samudra Indonesia.

Sekitar 200 meter dari pinggir pantai terdapat seonggok batu karang yang menyerupai ikan hiu, karena itulah tempat ini dinamakan Batu Hiu. Hembusan angin pantai menemani kita saat melepaskan pandangan ke arah samudra atau hamparan pantai sebelah timur yang terbentang hingga Pangandaran. Anda dapat menikmati suasa alam pantai dengan berjalan-jalan di bukit yang teduh atau duduk santai bersama keluarga. Sungguhpun Anda tidak dapat berenang karena ombaknya yang cukup besar, Anda masih bisa berjalan-jalan di pantai menikmati simbahan busa butih yang datang bersama debur ombak Batuhiu. Jangan lupa untuk membawa cinderamata sebagai oleh-oleh bagi keluarga di rumah yang bisa Anda dapatkan di Batuhiu.

2. Objek Wisata Batu Layar

Objek Wisata Batu Layar

Batu layar  yang menurut legenda merupakan perwujudan dari sebuah  kapal yang ditumpangi oleh Putri Tandarun Cagang bersama suaminya seorang Belanda yang terdampar pesisir Pangandaran.Karena bentuknya yang menyerupai layar, masyarakat pangandaran menyebutnya Batu Layar. Sekitar  tahun 1990 dikukuhkan pula kawasan perairan disekitar cagar alam laut (470ha) menjadi Taman Wisata Alam.karena keunikannya Batu Layar sering dijadikan objek Photo oleh para wisatawan yang datang ke Pangandaran.

Dari situlah para penduduk sekitar memanfaatkan lahan bisnis dengan menjual baju atau aksesoris berbegambar Batu Layar. Batu Layar Tingginya kurang lebih 30 meter penopang bawahnya kira-kira 2,5 meter adalah tebing yang terbentuk karena abrasi air laut. Hingga sekarang Batu Layar masih kokoh berdidiri di atas koral-koral karang di ujung cagar alam pantai timur Pangandaran.Batu Layar dapat di tempuh melalui pantai timur selama 15 menit, dari pantai barat kurang lebih 20 menit.

3. Objek Wisata Batu Karas

Objek Wisata Pantai Batu Karas

Objek wisata yang satu ini merupakan perpaduan nuansa alam antara objek wisata Pangandaran dan Batu Hiu dengan suasana alam yang tenang, gelombang laut yang bersahabat dengan pantainya yang landai membuat pengunjung kerasan tinggal di kawasan ini. Batu Karas terletak di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang dengan jarak 34 Km dari Pangandaran. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan antara lain berenang, berperahu di bengawan, berkemah dan berselancar. Fasilitas yang tersedia antara lain: Hotel, Rumah Makan, Camping Ground, Kios Cenderamata, sewaan papan selancar dan ban renang.

 

4. Objek Wisata Pantai Keusikluhur

Objek Wisata Pantai Keusikluhur

Pangandaran – Objek Wisata Pantai Keusikluhur  merupakan perpaduan antara alam pegunungan dengan panorama pantai. Dari sebuah bukit kita bias menyaksikan bergeloranya samudera Indonesia dengan gelombang laut selatan yang menghempas karang, sehingga tampak buih-buih di birunya laut lepas. Gelombang laut mengangkat pasir ke atas batu karang yang terjal sehingga orang menamakannya Keusikluhur (Keusik artinya pasir, luhur artinya tinggi). Keusikluhur terletak di desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak dengan jarak 45 Km dari Pangandaran ke arah selatan.

 

5. Objek Wisata Pantai Karangnini

Objek Wisata Pantai Karangnini

Pangandaran – Objek wisata ini terletak di desa Emplak, Kecamatan Kalipucang 83 Km dari Kota Ciamis ke arah Selatan. Dalam kesejukan hutan jati kita bisa menyaksikan birunya Samudra Indonesia dengan deburan ombaknya yang bergulung putih dengan latar belakang pulau Nusakambangan, terhampar batu-batu karang yang salah satunya menyerupai seorang nenek (nini dalam bahasa sunda) yang menggambarkan atau menjadi legenda seorang nenek yang begitu setianya menunggu si kakek datang sampai menjadi batu. Selain panorama pantai, kita bias dapat menyaksikan rimbunnya hutan yang didominasi pohon jati. Di tempat ini dapat kita jumpai flora dan fauna yang langka.

 

6. Objek Wisata Cukang Taneuh (Green Canyon)

Objek Wisata Green Canyon

Pangandaran – Green Canyon yang nama aslinya Cukang Taneuh terletak di desa Kertayasa Kecamatan Cijulang 31 Km dari Pangandaran kea rah Selatan. Objek wisata ini berupa aliran sungai Cijulang yang menembus Gua dengan stalaktit dan stalaknit yang mempesona serta diapit oleh dua buah bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang.

Di mulut gua terdapat air terjun Palatar sehingga suasana di objek wisata ini terasa begitu sejuk dan penuh nuansa petualangan. Kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya panjat tebing (Rock climbing), berenang, bersampan sambil memancing. Untuk menccapai lokasi ini wisatawan dapat menggunakan perahu yang banyak tersedia diDermaga Ciseureuh, baik perahu tempel maupun perahu kayuh. Cukang Taneuh berdekatan dengan objek wisata serta Lapangan Terbang Nusawiru. Fasilitas yang terdia antara lain: Dermaga perahu, Lapangan parker, Kios makanan dan minuman, Kios cenderamata, Musholla dan MCK.

 

Sumber Informasi

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Ciamis (0265) 771 421

Kantor UPTD Pangandaran (0265) 630 301

Pintu tol Utama ODTW Pangandaran (0265) 639 185

Balawista (0265) 630 179

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: